Program Kerja

Membentuk Keluarga Baru Melalui Upgrading BEM FMIPA UM 2024

“Menumbuhkan Solidaritas Pengurus Demi Terciptanya Pemahaman Kinerja Organisasi dan Semangat Kekeluargaan”

Dokumentasi bersama pengurus BEM FMIPA UM 2024

Nama Dosen yang terlibat

Bakhrul Rizky Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Nama Pemateri

Muh. Anwar Rasyid dan Toriqul Fadhli

Nama Ketua Pelaksana

Dinda Okta Triana

Tanggal Kegiatan

Sabtu–Minggu, 9–10 Maret 2024

Nama Penyelenggara

BEM FMIPA UM 2024

Karakteristik kegiatan

Jenis Program Layanan dan Pembinaan Keprofesian

SDGs ke-4 dan 17

Pendidikan yang Berkualitas 

Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

Mental Kebangsaan ke-3

Pelatihan Norma, Etika, Pembinaan Karakter, dan Soft Skills Mahasiswa 

Berita Kegiatan

Upgrading BEM FMIPA UM 2024 adalah salah satu program kegiatan dari BEM FMIPA UM 2024 yang dinaungi oleh Biro Internal dan Pengembangan Fungsionaris. Kegiatan ini merupakan pembuka yang berfokus pada pengenalan dan pembekalan untuk para staff BEM FMIPA UM 2024 melalui pemaparan materi keorganisasian. Selain bertujuan mengenalkan ormawa BEM FMIPA UM 2024, juga menumbuhkan rasa solidaritas para pengurus, serta sebagai acara pelantikan pengurus BEM FMIPA UM 2024.

Upgrading BEM FMIPA UM 2024 dilaksanakan secara luring di Homestay Sumber Urip, Desa Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu selama 2 hari pada tanggal 9–10 Maret 2024. Pada hari Sabtu, 9 Maret 2024 kegiatan dimulai pada pukul 09.30 WIB. Diawali dengan kedatangan peserta yaitu staff BEM FMIPA UM 2024 di Gedung B23 Pendidikan IPA FMIPA UM. Selanjutnya, pada pukul 10.30 WIB dilakukan sambutan oleh Bapak Bakhrul Rizky Kurniawan, S.Pd., M.P., selaku Dosen Pendamping BEMFA MIPA UM 2024. Dilanjutkan pemberangkatan peserta menuju Homestay Sumber Urip dengan menggunakan bus dan elf. Sesampainya di Homestay Sumber Urip, peserta melakukan presensi dan mengumpulkan barang bawaan yang diminta oleh panitia yang kemudian dilanjutkan dengan ishoma. Pukul 13.00 WIB kegiatan dibuka oleh MC Mila Adelya Permatasari dan Kristanto Wicaksono, kemudian peserta dan panitia menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UM. Selanjutnya diisi oleh sambutan Ketua Pelaksana, Dinda Okta Triana dan dilanjutkan sambutan sekaligus membuka acara oleh Ketua Umum BEM FMIPA UM 2024 yaitu Muh. Anwar Rasyid. Sebelum memasuki pemaparan materi, peserta melakukan pretest terlebih dahulu selama 15 menit. Pukul 13.35 WIB sesi penyampaian materi “Ke-Metamorfosan” oleh Muh. Anwar Rasyid dan Toriqul Fadhli yang dilanjutkan sesi tanya jawab selama 25 menit. 

Acara selanjutnya yaitu ice breaking yang dilakukan selama 15 menit guna menghilangkan bosan serta kejenuhan peserta setelah diberikan pemaparan materi. Selanjutnya, peserta dipersilakan untuk sholat ashar sebelum melanjutkan penyampaian materi yang kedua yaitu “Penyusunan Program Kegiatan”. Pukul 15.55 WIB melanjutkan penyampaian materi yang kedua oleh Muh. Anwar Rasyid dan Toriqul Fadhli yang dilanjutkan sesi tanya jawab selama 25 menit. Pukul 17.40–18.45 WIB peserta dipersilakan untuk ishoma. Acara selanjutnya yaitu projek perumusan program kerja oleh departemen/biro masing-masing selama 90 menit yang kemudian akan ada review beberapa program kerja sekaligus penyerahan piagam penghargaan kepada pemateri oleh Ketua Pelaksana. Setelah itu, peserta melakukan post-test selama 15 menit. Pukul 21.00 WIB dilanjutkan acara sharing session dengan demisioner dan acara pelantikan pengurus BEM FMIPA UM 2024.

Hari Minggu, 10 Maret 2024 pukul 05.30 WIB kegiatan diawali dengan senam bersama dan dilanjutkan sarapan. Acara selanjutnya yaitu games yang dipandu secara langsung oleh sie acara. Pukul 07.35 WIB acar berikutnya bersih-bersih sekaligus  melakukan foto kepengurusan BEM FMIPA UM 2024 mulai dari foto pribadi, foto setiap departemen/biro sampai foto seluruh pengurus BEM FMIPA UM 2024. Kemudian sebelum mengakhiri kegiatan, panitia memberikan hadiah kepada kelompok games. Seluruh acara dari Upgrading BEM FMIPA UM 2024 telah selesai pada pukul 13.00 WIB.

Kegiatan Upgrading BEM FMIPA UM 2024 berjalan dengan lancar karena banyaknya respon positif dari peserta seperti “Kegiatan upgrading BEM FMIPA 2024 ini memberikan impact yang positif bagi semua pengurus nya khususnya bagi saya, dengan diadakannya kegiatan ini dapat membantu bagaimana kita menjalankan tugas, cara bersosialisasi dengan orang lain, maupun yang lainnya. Pesan saya terimakasih kakak-kakak panitia yang membantu kami para OC yang masih pemula, menjadi tahu BEM FMIPA seluk beluk dan dalamnya” ungkap Auliya Maulida Kasana. Selain itu, Putri Rizky Febrianti juga berpendapat bahwa “Upgrading BEM FMIPA 2024 sangat baik, banyak keterbaruan atau inovasi yang ada di Upgrading tahun ini yang tentunya lebih baik. Semoga adanya program kegiatan Upgrading dapat mengupgrade fungsionaris dan ilmu yang telah didapatkan selama Upgrading dapat menjadi bekal dalam satu tahun kepengurusan.”

Sesuai dengan tema “Menumbuhkan Solidaritas Pengurus Demi Terciptanya Pemahaman Kinerja Organisasi dan Semangat Kekeluargaan” kegiatan Upgrading BEM FMIPA UM 2024 dapat memberikan ilmu mengenai organisasi serta menumbuhkan rasa solidaritas kepada pengurus BEM FMIPA UM 2024 agar membawa dampak baik kepada pengurus BEM FMIPA UM 2024 dalam kepanitiaan satu periode ke depan.

BIRO INTERNAL DAN PENGEMBANGAN FUNGSIONARIS

BEM FMIPA UM 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *