Artikel

TRAINING CENTER 2023 UNTUK MEMPERKENALKAN ORGANISASI KOMIPA KE MAHASISWA BARU DAN MEMPERKENALKAN CABANG OLAHRAGA YG ADA DI KOMIPA

Komite Olahraga MIPA (KOMIPA)

Subdivisi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMFA) MIPA

Bakhrul Rizky Kurniawan, S.Pd, M.Pd

Ketua Pelaksana: Muhammad Nur Fishomim Fuadi

24-26 November 2023

Kriteria Layanan (Jenis Program Layanan dan Pembinaan Minat)

Training Center KOMIPA 2023 adalah kegiatan yang memberikan pendekatan terintegrasi dan komprehensif dalam pengembangan keterampilan dan pengetahuan terkait olahraga dan keorganisasian. Pada umumnya, olahraga adalah suatu bentuk kegiatan fisik yang biasanya kompetitif melalui partisipasi kasual atau terorganisir yang bertujuan untuk menggunakan, mempertahankan, atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik. Materi keorganisasian adalah pengetahuan mengenai bagaimana seseorang dapat bekerja sama dan berorganisasi dalam suatu kumpulan, khususnya dalam organisasi KOMIPA. Program kegiatan ini dirancang khusus untuk mengakomodasi kebutuhan para peserta yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam aspek-aspek keolahragaan maupun keorganisasian.

Training Center diadakan KOMIPA UM pada setiap tahunnya, didalamnya terdapat pengetahuan mengenai materi organisasi dan cabang-cabang olahraga pada KOMIPA, pendekatan antara anggota KOMIPA dan peserta dalam menyambung tali persaudaraan. Tujuan dari Training Center 2023 ini yakni untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam bidang olahraga maupun keorganisasian kepada peserta Training Center 2023, menciptakan keakraban dan kekeluargaan antar peserta, pengurus, dan anggota KOMIPA, memberikan motivasi kepada peserta Training Center 2023 sehingga memiliki semangat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki baik dalam berorganisasi maupun berkompetisi dalam bidang olahraga di dalam maupun di luar Universitas Negeri Malang. Training Center 2023 memiliki tema “Explore Experiences with Training and Adventure”. Tujuan pengambilan tema ini yaitu kami berharap peserta untuk menjadi lebih dekat satu sama lain sehingga dapat menjalin tali persaudaraan layaknya sebuah keluarga yang memiliki satu ikatan dengan kesamaan bakat dan minat pada bidang olahraga.

Training Center 2023 dilaksanakan selama tiga hari. Untuk pelaksanaan acara tersebut di Balai Desa Gading Kembar, Kecamatan Jabung. Kegiatan pada hari jumat 24 November dimulai dengan pembukaan dilanjutkan dengan perkenalan panitia dan peserta TC 2023, serta mini games. Kegiatan pada hari sabtu 25 November dimulai dengan kegiatan jogging, bermain games, kemudian penjelasan kepelatihan materi cabang olahraga yaitu basket, voli, futsal badminton, dance dan keorganisasian di KOMIPA, selanjutnya malam inagurasi yang berisi pentas seni oleh peserta. Pada hari Minggu 26 November diawali dengan senam pagi, kegiatan outbond kemudian penutupan. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa baru FMIPA dengan  jumlah peserta yang hadir sebanyak 40 mahasiswa baru FMIPA yang antusias dan bersemangat untuk mendapatkan materi kepelatihan organisasi dan cabang olahraga yang ada di KOMIPA dalam rangkaian kegiatan Training Center 2023. Selain peserta, acara ini juga dimeriahkan oleh panitia dan demisioner KOMIPA serta terdapat penampilan Komipa Dance setelah pentas seni peserta.

Training Center tidak hanya menjadi pelatihan organisasi dan cabang olahraga di Komipa, tetapi sebagai pendekatan dan saling menyambung tali silaturahmi antar Departemen/Program Studi dan meningkatkan semangat latihan dan berolahraga di kalangan mahasiswa baru FMIPA Universitas Negeri Malang. Training Center juga dapat menjadi sarana dan prasana mahasiswa baru FMIPA dalam mengetahui materi organisasi dan cabang olahraga di Komipa guna merealisasikan Porgram Layanan dan Pembinaan Minat. Diharapkan melalui diadakannya Training Center 2023 ini, mahasiswa baru FMIPA dapat saling mengenal mahasiswa tiap Departemen/Prodi Studi Lainnya untuk menyalurkan minat bakatnya dalam Latihan Bersama di Komipa.

KOMITE OLAHRAGA MIPA

KEMENTERIAN SENI & OLAHRAGA

BEMFA MIPA UM 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *