Artikel

MENCETAK MAHASISWA BARU YANG KERJA KERAS, KREATIF, MANDIRI, DAN BERPRESTASI DALAM PEKAN KARYA ILMIAH, OLAHRAGA, DAN SENI 2023

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMFA) MIPA

Bakhrul Rizky Kurniawan, S.Pd, M.Pd

Ketua Pelaksana: Muhammad Nur Hakiki

10-20 Oktober 2023

Kriteria Layanan (Jenis Program Layanan dan Pembinaan Bakat)

Dalam rangka mempromosikan semangat olahraga dan mempererat tali persaudaraan antar Fakultas di Universitas Negeri Malang, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) mengadakan Pekan Karya Ilmiah, Olahraga, dan Seni Mahasiswa Baru Tahun 2023. Perlombaan ini diikuti oleh delegasi dari setiap fakultas di Universitas Negeri Malang, dengan cabang olahraga yang dilombakan yaitu sepak bola, voli (kategori Putra dan putri), pencak silat, karate (kelas putra dan putri), taekwondo, tari Tunggal, catur, basket (kategori putra dan putri), menulis esai, fotografi, poster digital, Lukis, komik strip, dan lomba menyanyi solo lagu pop dan dangdut. Dalam menunjukkan eksistensi dalam bidang olahraga dan seni, para atlet-atlet olahraga dan seniman dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dalam naungan Sub Divisi BEMFA MIPA Komite Olahraga MIPA (KOMIPA), Arek Seni Warga Mipa (ASWA), dan Gema Suara Cipta 5 (GSC5) juga turut berkontribusi dalam kegiatan tersebut.

Babak penyisihan pada Pekan Karya Ilmiah, Olahraga, dan Seni Mahasiswa Baru 2023 ini dilaksanakan sesuai time line lomba sesuai cabang lomba masing-masing. Adapun jadwal permainan untuk delegasi dari FMIPA adalah sebagai berikut.

Hari, tanggalCabang LombaKategori
Senin, 25 September2023VoliPutra
Senin-Rabu,       25-27September 2023VoliPutri
Kamis,  05  Oktober2023BasketPutra
Selasa-Kamis,    10-12Oktober 2023BasketPutri
Selasa, Rabu, dan Jumat. 10,11, dan 13Oktober 2023SepakbolaPutra
Minggu, 08 Oktober2023CaturPutra/Putri
Rabu, 04 Oktober 2023KaratePutra dan Putri
Jumat,202313OktoberPencak SilatPutra
Selasa,202310OktoberTaekwondoPutra dan Putri
Jumat,202306OktoberTari TunggalPutri
Selasa,202310OktoberVokal Solo PopPutra dan Putri
Selasa,202310OktoberVokal Solo DangdutPutri
Jumat,202313OktoberLukisPutri
Jumat,202313OktoberKomikPutri

Dari beberapa cabang lomba yang diikuti dan telah menjalani babak penyisihan-final tersebut diperoleh hasil dimana beberapa cabang lomba masih belum mendapatkan hasil terbaik dengan berjuang di tahap penyihan dan ada yang berjuang sampai tahap final tetapi belum bisa mendapatkan gelar juara, tetapi ada beberapa cabang olahraga yang telah menorehkan juara di Pekan Karya Ilmiah, Olahraga, dan Seni Mahasiswa Baru 2023 (PIOSMABA 2023) ini yaitu:

1. Basket Kategori Putri Juara 2

2. Voli Kategori Putri Juara 3

3. Karate Kategori Kumite Perorangan 67 Putra Juara 3

4. Pencak Silat Kategori Tanding Kelas F Putra Juara 2

5. Taekwondo Kategori Poomsae Putri Basic 1 Juara 2

6. Taekwondo Kategori Poomsae Putri taegeuk 7&8 Juara 1

7. Taekwondo Kategori Kyorugi Putri Under 49 Kg Juara 2

8. Taekwondo Kategori Kyorugi Putri Under 57 Kg Juara 2

9. Catur Juara 2

10.  Vokal Solo Pop Juara 2

. Meskipun persiapan yang dilakukan tidak dapat maksimal karena informasi yang mendadak dari pihak penyelenggara, tetapi dari semua cabang lomba delegasi dari FMIPA sudah mampu menunjukkan semua kemampuan terbaik mereka dalam sehingga beberapa cabang olahraga bisa menorehkan hasil yang baik pada Pekan Karya Ilmiah, Olahraga, dan Seni Mahasiwa Baru 2023 (PIOSMABA 2023) sehingga dengan adanya pengalaman lomba ini diharapkan mentalitas para delegasi semua cabang lomba baik olahraga ataupun seni dapat meningkat melalui keikutsertaannya dalam kegiatan tersebut. 

Pekan Karya Ilmiah, Olahraga, dan Seni Mahasiswa Baru Tahun 2023 (PIOSMABA 2023) selain menjadi ajang kompetisi, juga menjadi ajang mempererat tali silaturahmi dan semangat olah raga di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Malang khususnya mahasiswa baru. Lomba ini dirancang untuk mengenali dan mendukung siswa baru dengan keahlian di bidang olahraga atau seni. Melalui kegiatan ini, perguruan tinggi berpeluang untuk menjaring mahasiswa yang mempunyai keahlian di bidang olah raga dan seni yang nantinya dapat bersaing di tingkat regional dan internasional di bidang tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa baru Universitas Negeri Malang untuk memberikan kontribusi yang maksimal dalam perlombaan olahraga dan seni, dan diharapkan melalui kegiatan ini Universitas Negeri Malang juga dapat melakukan hal serupa yaitu mampu mencetak mahasiswa yang berkompeten dan mampu bersaing dalam bidang olah raga dan seni yang lebih luas, khususnya yang telah berkompetisi pada Pekan Kegiatan Ilmiah, Olahraga dan Seni Mahasiswa Baru Tahun 2023.

KEMENTERIAN SENI DAN OLAHRAGA

BEMFA MIPA UM 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *