Artikel

Sciencepreneur Tournament 2023 Guna Melatih Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa

Jurnalistik Science Entrepreneurship 2023 – Science Entrepreneurship (SE) yang merupakan subdivisi Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan Sciencepreneur Tournament secara offline di Kantin Science Entrepreneurship FMIPA UM. Sciencepreneur Tournament merupakan suatu perlombaan kewirausahaan yang ditujukan bagi mahasiswa/i baru 2023 di seluruh departemen FMIPA Universitas Negeri Malang. Pada perlombaan ini, mahasiswa dituntut untuk berwirausaha memproduksi dan menjual produk ke khalayak luas. Pada kegiatan ini nantinya terdapat aspek-aspek yang akan dinilai oleh panitia.

Pada kegiatan Sciencepreneur Tournament ini terdapat 3 departemen yang sudah berpartisipasi, yaitu Departemen Bioteknologi, Matematika, dan Kimia. Kegiatan Sciencepreneur Tournament ini berlangsung pada tanggal 25 September-8 November 2023. Untuk pengumuman pemenang kegiatan Sciencepreneur Tournament dilaksanakan pada kegaiatan E-FESTCOM, yang merupakan salah satu program kegiatan Science Entrepreneurship. Pengumuman ini dilaksanakan pada tanggal 14 November 2023 di Halaman Parkiran samping Gedung B23 FMIPA UM.

Penyerahan piala dan piagam pemenang

Tim Jurnalistik Science Entrepreneurship 2023 berkesempatan untuk mewawancarai Kak Aji Wahyu Wahyu Rinata selaku Gubernur Mahasiswa FMIPA 2023 terkait tujuan, persiapan dan pesan kesan kegiatan Sciencepreneur Tournament. Kak Aji mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan Sciencepreneur Tournament ini dapat menumbuhkan jiwa-jiwa kewirausahaan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa/i FMIPA Universitas Negeri Malang. Untuk proses persiapan hingga pelaksanaan kegiatan Sciencepreneur Tournament memang kurang persiapan dan sedikit waktunya, karena program kerja ini memang tidak dilokakaryakan dari Science Entrepreneurship. Jadi, dari beberapa departemen juga ada yang belum mendelegasikan karena harus ada persiapan yang matang untuk produk yang dijual dan hal lainnya. Pesan dan kesan untuk kegiatan Sciencepreneur Tournament ini kedepannya bisa diadakan secara kontinu, karena dari fakultas juga membantu untuk dana hibah sebesar 25-30 juta.

Tim Jurnalistik Science Entrepreneurship 2023 juga berkesempatan untuk mewawancarai Kak Intan Hilda Putri Widiana selaku Ketua Umum Science Entrepreneurship 2023 terkait tujuan dan proses persiapan kegiatan Tournament Sciencepreneur. “Menurut saya kegiatan Tournament Sciencepreneur ini adalah peluang mahasiswa/i baru untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan mereka dan melatih mereka bagaimana strategi memproduksi sebuah produk agar lebih menarik konsumen. Sejauh ini untuk proses persiapan dan pelaksanaan kegiatan Tournament Sciencepreneur ini memang cukup mendadak dan dalam pelaksanaanya sendiri kurang optimal. Kegiatannya tetap berjalan akan tetapi kurang menyeluruh dan tersampaikan ke seluruh mahasiswa/i FMIPA Universitas Negeri Malang” ujar Kak Intan.

Dari hasil wawancara yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan Sciencepreneur Tournament 2023 ini diharapkan tetap berkelanjutan dan diadakan secara kontinu. Harapan kedepannya dengan diadakan kegiatan Sciencepreneur Tournament ini mahasiswa/i bisa mengembangkan produk-produk mereka lebih luas lagi.

SCIENCE ENTREPENEURSHIP

KEMENTERIAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA

BEMFA MIPA UM 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *