Artikel

SELARASKAN TUJUAN, GERAKKAN PERJUANGAN! BEMFA MIPA UM 2022 SUKSES GELARKAN PROGRAM MIPA MEMANGGIL

MIPA MEMANGGIL merupakan suatu kegiatan konsolidasi yang membahas mengenai problematika yang beredar di sekitar UM maupun di luar UM untuk didiskusikan dan dicari keputusan bersama dengan pengurus BEMFA MIPA UM. Selain kegiatan konsolidasi, MIPA MEMANGGIL juga sebagai wadah inisiasi dari pengurus BEMFA MIPA UM untuk mengajak mahasiswa FMIPA ikut dalam aksi turun ke jalan apabila ada aksi secara luringatau menaikkan tagar media sosial untuk ikut mendukung aksi secara daring dalam menyikapi suatu hal yang telah disepakati dalam konsolidasi. 

Konsolidasi yang ada dalam MIPA MEMANGGIL ini diharapkan dapat membuka pikiran para mahasiswa mengenai suatu problematika serta menghasilkan pemikiran yang kritis terhadap suatu isu yang ada, diharapkan juga mahasiswa dapat memberikan aksi nyata terhadap lingkungan sekitar maupun nasional dengan membawa dasar aksi yang telah disepakati bersama.

Selain itu, kegiatan MIPA MEMANGGIL ini diharapkan dapat memfasilitasi dan memberikan ruang bicara bagi mahasiswa dalam menanggapi sebuah problematika yang ada di sekitar maupun nasional serta dapat memberikan ruang gerak bagi mahasiswa terkait hasil diskusi yang telah diputuskan bersama yang nantinya dapat menghasilkan narasi press release serta sebuah gerakan besar yang masih bersifat akademik.

Tingkat keberhasilan MIPA MEMANGGIL ini bisa dikatakan mencapai 85%. Hal ini dapat dilihat dari keikutsertaan BEMFA MIPA UM 2022 untuk berperan aktif mengikuti diskusi, konsolidasi, dan aksi. Tingkat kegagalan dari kegiatan ini terdapat 15%. Hal tersebut karena masih minimnya jumlah mahasiswa yang ikut aksi dan konsolidasi, menandakan bahwa kesadaran dan kepekaan akan lingkungan sekitar warga FMIPA masih perlu ditingkatkan.

Pengurus BEMFA MIPA UM juga turut aktif dalam mengikuti maupun menindaklanjuti sebuah problematika di sekitarnya, baik melalui diskusi, konsolidasi, maupun aksi di lingkup UM maupun di luar UM. BEMFA MIPA UM juga turut mengajak ORMAWA FMIPA UM dalam publikasi informasi yang berkaitan dengan kebijakan tertentu dan siap mengkaji menerima tanggapan dan elemen ormawa FMIPA UM.

“Prokernya ini udah bagus, bisa mewadahi aspirasi dan mahasiswa FMIPA yang pingin terjun langsung ikut aksi, tapi mahasiswa FMIPA yang ikut masih dikit banget”, ujar Nur Aini selaku panitia program kerja MIPA MEMANGGIL.

Harapannya MIPA MEMANGGIL dijadikan program kerja tetap oleh BEMFA MIPA UM periode selanjutnya, dengan memperhatikan dan memperbaiki kekurangan-kekurangan pada periode ini. MIPA MEMANGGIL ini dijadikan sebagai salah satu wadah bagi mahasiswa yang memiliki jiwa sadar akan politik, juga harapannya dapat mengajak massa yang lebih banyak lagi.

DEPARTEMEN SOSIAL POLITIK

BEMFA MIPA UM 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *