Artikel

BERMANJA: TALKSHOW BERBAGI PENGALAMAN KERJA UNTUK MAHASISWA FMIPA UM UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2023

 BERMANJA 1

                                                                      BERMANJA 2

PENYELENGGARA

BEMFA MIPA UM 2023

NAMA DOSEN YANG TERLIBAT

Bakhrul Rizky Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Nama Pemateri

1. Pada BERMANJA 1: Aan Karuniawan Prasetia S.Pd., MOS

2. Pada BERMANJA 2: Muhammad Rizal Pahluvi, S.Si.

WAKTU  KEGIATAN

Bermanja 1: 21 Oktober 2023

Bermanja 2: 4 November 2023

KRITERIA LAYANAN

Jenis Program Layanan dan Pembinaan Minat

SDGs ke-8

Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi

MENTAL KEBANGSAAN

Pendidikan Norma, Etika, Pembinaan Karakter, dan Soft Skills Mahasiswa. 

BERITA KEGIATAN

Berbagi Pengalaman Kerja 2023 (BERMANJA) dengan tema “Find Your Passion for A Better Career” menjadi program kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa dan dihadiri oleh mahasiswa aktif FMIPA UM sebagai peserta dari mahasiswa aktif  FMIPA UM baik mahasiswa jurusan  pendidikan maupun yang non pendidikan. Kegiatan utama dari BERMANJA ini berupa talkshow yang bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir dalam menentukan karier kedepannya dan serta menjadi wadah bagi mahasiswa yang bingung akan pekerjaan yang tepat untuk mereka ambil di masa yang akan datang sesuai dengan jurusan yang mereka ambil saat ini. Dengan talkshow inilah diharapkan akan mewujudkan rasa percaya diri dan yakin akan jurusan yang mereka ambil saat ini untuk kedepannya. 

Kegiatan BERMANJA ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023 dan 4 November 2023 yang mana kegiatan pertama bertempat di Aula gedung D13 FEB UM dan kegiatan kedua bertempat di Aula gedung B20 FMIPA UM, acara dimulai pada pukul 09.00 WIB oleh Master of Ceremony (MC) yang bertugas hari pertama, yaitu Muhammad Alfin Hidayat dan Attia Maulidiyah serta MC yang bertugas hari kedua, yaitu Wahib Khumaidi dan Putri Tirza Novita. Dalam BERMANJA ini, acara diisi dengan sambutan dari Dewi Fatma Wati selaku ketua pelaksana BERMANJA, dilanjutkan oleh sambutan dari Aji Wahyu Rinata selaku Gubernur Mahasiswa FMIPA UM, sekaligus membuka acara BERMANJA 2023 mewakili Bapak Bakhrul Rizky Kurniawan, S.Pd., M.Pd. yang berhalangan hadir. Dalam sambutan tersebut, beliau berharap seluruh peserta kegiatan seminar BERMANJA tahun 2023 dapat menambah wawasan tentang dunia kerja yang sesuai dengan jurusan yang di ambil oleh mahasiswa yang mengikuti kegiatan BERMANJA.

Memasuki acara inti yaitu talkshow Berbagi Pengalaman Kerja (BERMANJA) dengan materi tips and trick masuk dunia kerja, talkshow ini berlangsung dengan tertib pemateri memberikan materi yang sesuai dengan jurusan pendidikan maupun non-pendidikan, dalam menyampaikan materi pemateri memberikan gambaran bahwa “jurusan pendidikan nantinya tidak hanya menjadi guru atau tenaga pendidik saja mereka juga dapat berwirausaha sesuai dengan passion mereka” peserta juga sangat antusias dan aktif dalam sesi tanya jawab kepada pemateri. dan selanjutnya pada materi kedua pemateri memberikan gambaran tentang “bagaimana mahasiswa FMIPA dapat mengenali potensi diri yang ada pada dirinya”  Sesuai dengan namanya, kegiatan tersebut dapat memberikan tips and trick masuk dunia kerja sesuai dengan passion dan jurusan yang diambil oleh mahasiswa, seperti pada kesan dan pesan mahasiswa mengikuti talkshow ini dan antusias nya mahasiswa dalam mendengarkan pemateri menyampaikan materi kegiatan BERMANJA dengan materi tips and trick masuk dunia kerja diakhiri dengan penutup yaitu closing statement dari pemateri dan sesi dokumentasi seluruh peserta dan panitia Berbagi Pengalaman Kerja (BERMANJA). 

KEMENTERIAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA

BEMFA MIPA UM 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *