Artikel

RUNIFA X MIPA CARE 2023: DOA BERSAMA DAN PEMBERIAN DONASI KEPADA PANTI ASUHAN DARUL JUNDI

PENYELENGGARA

BEMFA MIPA UM 2023

NAMA DOSEN YANG TERLIBAT

Bakhrul Rizky Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

TANGGAL KEGIATAN

18 November 2023

KRITERIA LAYANAN

Jenis Program Layanan dan Pembinaan Kesejahteraan

SDGs ke-16 

Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Kuat

SDGs ke-17

Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

MENTAL KEBANGSAAN

Pendidikan Norma, Etika, Pembinaan Karakter, dan Soft Skills Mahasiswa. 

BERITA KEGIATAN

RUNIFA X MIPA CARE 2023 dengan tema “Mengabdi dengan Aksi, Bergerak dengan Hati” merupakan program kegiatan lanjutan dari program kegiatan sebelumnya yaitu Ruang Rohani FMIPA 2023 (RUNIFA). Program kegiatan ini telah dilaksanakan oleh Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa berkolaborasi dengan Kementerian Sosial Lingkungan. Peserta dari program kegiatan ini adalah seluruh pengurus BEMFA MIPA UM 2023,  anak-anak Panti Asuhan Darul Jundi, dan undangan dari Sub Divisi KARISMA, serta delegasi dari HMD/HMPS.

Kegiatan utama dari RUNIFA X MIPA CARE 2023 ini berupa berdoa bersama dan pemberian donasi berupa uang, jasa, dan/atau barang. Forum berdoa bersama dilakukan sebagai tanda syukur atas berakhirnya kepengurusan dan terlaksananya seluruh program kegiatan dengan baik. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian donasi yang berupa uang sebesar Rp. 1.000.000, donasi baju layak pakai, dan pemberian materi tentang kepercayaan diri.

Kegiatan RUNIFA X MIPA CARE 2023 ini diselenggarakan pada tanggal 18 November 2023 dan bertempat di Panti Asuhan Darul Jundi yang beralamatkan di Jl. Pemandian Tentara H159 Rampal, Kesatrian, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Acara dimulai pada pukul 09.10 WIB oleh MC yang bertugas, yaitu Apriani Zulfah dan Yoshie Stephanie. Selanjutnya, acara diisi dengan sambutan dari Dea permata Sari selaku ketua pelaksana RUNIFA X MIPA CARE 2023, kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Aji Wahyu Rinata selaku Gubernur Mahasiswa FMIPA, dan sambutan terakhir sekaligus membuka acara yang disampaikan oleh Ketua Panti Asuhan Darul Jundi. Melalui sambutan tersebut, beliau berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada pengurus BEMFA MIPA UM 2023 dan juga kepada Panti Asuhan Darul Jundi.

Memasuki acara inti, yaitu doa bersama sebagai tanda syukur atas berakhirnya kepengurusan dan terlaksananya seluruh program kegiatan dengan baik yang dipimpin oleh pihak panti asuhan. Doa bersama ini dilakukan dengan penuh khidmat yang diikuti oleh seluruh pengurus BEMFA MIPA UM 2023 dan anak-anak Panti Asuhan Darul Jundi dengan khusyuk. Doa bersama ini dibacakan dengan Bahasa Arab dan dilanjutkan dengan Bahasa Indonesia mengingat tidak seluruh pengurus merupakan pemeluk agama Islam. Melalui kegiatan ini, telah tercapai tujuan RUNIFA X MIPA CARE yaitu memberikan ruang kebersamaan bagi pengurus BEMFA MIPA UM bersama adik-adik Panti Asuhan Darul Jundi untuk melakukan doa bersama. Selanjutnya, acara inti dari kegiatan ini adalah penyampaian materi “Menumbuhkan Rasa Percaya Diri bagi Anak-Anak Panti Asuhan Darul Jundi” oleh Choerotun Nisa dan Dea Laili Zahro. Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak Panti Asuhan dapat menerima pembelajaran yang bermanfaat, sehingga mereka bisa mengembangkan potensi diri dan meraih impian mereka dengan penuh keyakinan. Kegiatan ini juga sebagai realisasi dari komponen tujuan RUNIFA X MIPA CARE 2023 yaitu donasi berupa jasa. Selepas penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan kegiatan berbagi kasih yang terdiri dari sesi penulisan pesan dan kesan oleh anak-anak Panti Asuhan Darul Jundi yang ditujukan kepada pengurus BEMFA MIPA UM 2023 dan dilanjutkan dengan sesi pemberian kado yang telah disiapkan oleh pengurus BEMFA MIPA UM 2023 untuk anak-anak Panti Asuhan Darul Jundi. Sesuai dengan namanya, kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kebersamaan dan kasih sayang antara kedua pihak. Melalui kegiatan berbagi kasih ini, seluruh pengurus BEMFA MIPA UM 2023 dan anak-anak Panti Asuhan Darul Jundi dapat saling bercengkerama satu sama lain sehingga terjalin kehangatan antara keduanya. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian donasi berupa uang sebesar Rp. 1.000.000 dan barang berupa baju bekas yang masih layak pakai sebanyak 9 kardus. Pemberian donasi ini diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Mahasiswa FMIPA kepada Ketua Panti Asuhan Darul Jundi. Kegiatan ini sebagai realisasi dari komponen tujuan RUNIFA X MIPA CARE 2023 yaitu donasi berupa uang dan barang. Kegiatan RUNIFA X MIPA CARE 2023 diakhiri dengan penutup dan sesi dokumentasi seluruh pengurus BEMFA MIPA UM 2023 bersama anak-anak Panti Asuhan Darul Jundi.

KEMENTERIAN KESEJAHTERAAM MAHASISWA

BEMFA MIPA UM 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *