Artikel

Majukan Kewirausahaan Mahasiswa bersama SE Selling 2023

Distribusi Produk SE Selling

Penyelenggara

Science Entrepreneurship

Subdivisi Badan Eksekutif Mahaiswa Fakultas (BEMFA) MIPA

Dosen Pendamping

Bakhrul Rizky Kurniawan S.Pd., M.Pd.

Pelaksanaan Kegiatan

2 Oktober – 30 November 2023

Kriteria Layanan

Jenis Program Layanan dan Pengembangan Minat (Poin 1)

SDGs

Industri, Inovasi, dan Infrastruktur (Poin 9)

Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (Poin 17)

Mental Kebangsaan

Pendidikan Norma, Etika, Pembinaan Karakter, dan Soft Skill Mahasiswa

         Jurnalistik Science Entrepreneurship 2023 – SE Selling merupakan program kerja bidang kreatif yang mewadahi warga FMIPA mempublikasikan dan memasarkan produk (non makanan) hasil kreativitas mereka kepada khalayak umum. Kegiatan ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil karya mahasiswa-mahasiswi FMIPA, memperluas relasi antar pengurus SE dengan warga FMIPA, dan memperdalam pemahaman tentang digital marketing yang baik.

         Kegiatan ini diawali dengan pembukaan pendaftaran mitra SE Selling pada tanggal 2–8 Oktober 2023, pembahasan kontrak kerja sama dengan mitra tanggal 10 Oktober 2023, publikasi pamflet Open PO 1 pada tanggal 17–31 Oktober 2023, publikasi pamflet Open PO 2 dan produksi distribusi orderan PO 1 pada tanggal 1–17 November 2023, produksi dan distribusi orderan PO 2 pada tanggal 18–30 November 2023. Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan mempublikasikan katalog yang berisi karya-karya dari para mitra SE Selling melalui akun sosial media.

         Tim Jurnalistik Science Entrepreneurship 2023 berkesempatan mewawancarai Nadia Putri Olivia Zufri selaku Ketua Pelaksana dari kegiatan SE Selling 2023 mengenai tanggapan kegiatan ini. “Menurut saya SE Selling bermanfaat bagi mahasiswa/i dalam memasarkan produk lebih luas melalui sosial media SE dan internal SE, tetapi kegiatan ini juga belum efektif dilakukan. Untuk kegiatan ini sudah membantu mahasiswa FMIPA dalam memasarkan produk kewirausahaannya. Rekomendasi kegiatan ini lebih diperluas dalam memasarkan produk dengan berbagai media yang ada”, ujar saudari Nadia

          Tim Jurnalistik Science Entrepreneurship 2023 berkesempatan mewawancarai Amanda Ainur Rohimah sebagai Mitra SE Selling 2023 terkait tanggapan mengenai kegiatan ini. “Menurut saya SE Selling ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa/i dalam memasarkan produknya. Untuk rekomendasi dari kegiatan ini untuk penjualan setiap tahap open PO bisa di list dan di bagikan ke grup Mitra SE Selling. Hal ini agar dari mitra mengetahui produk apa saja yang sudah terjual maupun yang belum terjual. Membranding kegiatan SE Selling ini ke berbagai sosial media, sehingga para mitra maupun pembeli dapat mengakses dengan mudah”, ujar saudari Amanda

        Tim Jurnalistik Science Entrepreneurship 2023 juga berkesempatan untuk mewawancarai salah satu pembeli dari kegiatan SE Selling yaitu Kak Sylvia Rahmatul Anifah. “Menurutku kegiatan SE Selling ini sangat menarik. Kenapa?, Karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang baru dilakukan dan dilaksanakan oleh SE pada tahun ini. Kegiatan SE Selling ini juga sangat membantu mahasiswa FMIPA dalam menyebarkan produk wirausahanya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para mahasiswa FMIPA berlomba-lomba untuk mengenalkan produk yang telah mereka buat. Untuk rekomendasinya bisa ditingkatkan lagi cara-cara dalam mempromosikan produk. Mungkin bisa dengan memanfaatkan tiktok maupun membuat teaser video mengenai produk. Hal ini dapat menarik perhatian dari konsumen untuk membeli produk tersebut karena pembeli mengetahui review dari produk tersebut”, ujar saudari Sylvi.

SCIENCE ENTREPENEURSHIP

KEMENTRIAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA

BEMFA MIPA UM 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *