Artikel

PERJALANAN SEORANG MAHASISWA DALAM LOMBA TEATER CCKM 2023

Arek Seni Warga MIPA (ASWA)

Subdivisi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMFA) MIPA

Bakhrul Rizky Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Nugroho Adi Pramono, S.Si, M.Sc,.

Ketua Pelaksana: Dewi Ratnasari

4 September 2023  ̶  14 Oktober 2023

Kriteria Layanan (Poin 2)

Jenis Program Layanan dan Pembinaan Bakat

SDGs (Poin 9)

Industri, Inovasi, dan Infrastruktur

Mental Kebangsaan (Poin 3)

(Pendidikan norma, etika, pembinaan karakter, dan soft skills mahasiswa)

Arek Seni Warga MIPA (ASWA) menyelenggarakan kompetisi teater yaitu Cerita-Cerita Kreasi Maba (CCKM) 2023. CCKM 2023 bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang 2023. Tujuan diadakannya CCKM 2023 ini adalah dapat menjadi wadah untuk para mahasiswa untuk menyalurkan bakatnya dibidang teater. CCKM  bisa digunakan sebagai tempat untuk mengasah kreativitas dalam bidang teater. Selain itu, Lomba CCKM dapat menjadi wadah untuk mengembangkan bakat di bidang teater kearah yang positif, seperti melatih diri untuk bisa berekspresi dalam menyampaikan sebuah cerita, serta untuk lebih percaya diri.

Lomba CCKM tahun ini dilaksanakan pada bulan September hingga Oktober. Pendaftaran lomba CCKM dimulai dari tanggal 4 – 14 September 2023 secara online melalui gform yang telah disediakan pada pamflet lomba CCKM. Penjurian dilakukan pada tanggal 6-7 Oktober 2023 secara offline di Ruang B, Gedung B25, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Malang. Ada 2 juri yang terlibat dalam Lomba CCKM 2023 yaitu Afie Ahmadani dan Ahmad Afandi Ismail. Pengumuman pemenang lomba CCKM dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2023 via Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui YouTube. Lomba CCKM 2023 diikuti oleh total 5 tim dengan 3 tim sebagai pemenang. Juara 1 diraih oleh tim dari Muzakki Fadllurrohman, Juara 2 diraih oleh tim dari Fatihatu Rosyiidah dan juara 3 diraih oleh tim dari Satriya Agung Abadi.

Pada tahun ini, Lomba CCKM mengangkat tema “Relung dalam Senja” yang menggambarkan semangat generasi muda dalam bidang teater di era sekarang. Tema ini diangkat karena ada sebagian besar orang yang memiliki jiwa seni yang tinggi, tetapi jarang terekspos dan dikembangkan. Pembawaan teater fragmen pada Lomba CCKM 2023 sejalan dengan tema yang ada.

Kegiatan Lomba CCKM 2023 juga memberikan kesan terhadap panitia yang bertugas, “Menjadi panitia Lomba CCKM 2023 membuat saya memiliki lebih banyak pengalaman kepanitiaan. Selain itu, saya bisa melihat kemampuan akting yang dibawakan oleh para peserta Lomba CCKM. Saya juga bisa mengambil ilmu dan masukan dari komentar para juri terhadap karya peserta untuk mengembangkan skill saya di bidang teater”, pendapat Adristi, salah satu panitia pelaksana Lomba CCKM 2023. Adanya Lomba CCKM diharapkan bisa mendorong generasi muda untuk terus berkarya melalui teater. Selain itu, para peserta bisa lebih bebas mengeksplorasi seni di bidang teater dengan lebih luas dan lebih kreatif. Lomba CCKM 2023 memberikan ruang bagi mereka yang ingin mengembangkan bakat aktingnya dalam bidang teater.

AREK SENI WARGA MIPA

KEMENTRIAN SENI DAN OLAHRAGA

BEMFA MIPA UM 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *