Artikel

BEM Coming and Visit: “Build Relation and Gain Knowledge”

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMFA) Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan BEM Coming and Visit (BCV) secara daring melalui Zoom Cloud Meetings, dengan tema “Build Relation and Gain Knowledge.” Kegiatan BEM Coming and Visit (BCV) ini diinisiasikan oleh Departemen Luar Negeri dan diperuntukkan untuk BEMFA MIPA UM. BEM Coming and Visit (BCV) merupakan kegiatan berbentuk kunjungan untuk membandingkan maupun bertukar informasi mengenai keadaan, program kerja, tatanan maupun hal lainnya dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang terlibat.

BEM Coming and Visit (BCV) diadakan dengan tujuan untuk menjalin relasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) lainnya, selain itu juga untuk mendapatkan informasi maupun pengetahuan yang dapat berguna jika diterapkan di BEMFA MIPA UM. BEM Coming and Visit (BCV), sukses diadakan sebanyak tiga kali, pertama kunjungan kepada BEM FMIPA UNY pada Sabtu, 28 Mei 2022, kedua kunjungan kepada BEM KM MIPA UNSOED pada Minggu, 29 Mei 2022, dan ketiga, kunjungan dari BEMF MIPA UNEJ pada Minggu, 26 Juni 2022.

Sabtu (28/05), telah dilaksanakan kunjungan kepada pihak BEM FMIPA UNY. Kegiatan dibuka oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua BEM FMIPA UNY 2022 selaku tuan rumah, dan disusul sambutan Gubernur Mahasiswa FMIPA UM 2022. Setelah sambutan secara singkat, acara inti pun dimulai, yakni pemaparan gambaran umum mengenai kepengurusan dan program kegiatan BEM Fakultas oleh masing-masing Ketua dari BEM FMIPA UNY dan BEMFA MIPA UM. Kemudian, acara dilanjutkan dengan adanya Focus Group Discussion (FGD), di mana PHI/Biro/Departemen dikelompokkan sesuai dengan tupoksi dan program kegiatan yang ada untuk mendiskusikan mengenai bagaimana program kegiatan yang ada berjalan, pengelolaan pengurus, dan hal lainya secara lebih detail. Setelah waktu untuk FGD berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi refreshing melalui ice breaking berupa tebak lagu. Pada akhirnya acara diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan secara simbolis sebagai bentuk terjalinnya hubungan antara BEM FMIPA UNY dan BEMFA MIPA UM yang dilanjutkan dengan sesi dokumentasi serta penutup.

Minggu (29/05), telah dilaksanakan kunjungan kepada pihak BEM KM MIPA UNSOED. Kegiatan dibuka oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua BEM KM MIPA UNSOED 2022 selaku tuan rumah, dan disusul sambutan Gubernur Mahasiswa FMIPA UM 2022. Setelah sambutan secara singkat, dilanjutkan pemaparan secara garis besar mengenai kepengurusan dan program kegiatan BEM Fakultas oleh masing-masing Ketua dari BEM KM MIPA UNSOED dan BEMFA MIPA UM. Kemudian, acara dilanjutkan dengan adanya Focus Group Discussion (FGD), di mana PHI/Biro/Departemen dikelompokkan sesuai dengan tupoksi dan program kegiatan yang ada untuk mendiskusikan mengenai bagaimana program kegiatan yang ada berjalan, pengelolaan pengurus, dan hal lainya secara lebih detail. Setelah waktu untuk FGD berakhir, acara dilanjutkan dengan ice breaking. Acara diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan secara simbolis sebagai bentuk terjalinnya hubungan antara BEM KM MIPA UNSOED dan BEMFA MIPA UM yang dilanjutkan dengan sesi dokumentasi serta penutup.

Minggu (26/06), berlangsungnya kunjungan dari BEMF MIPA UNEJ ke BEMFA MIPA UM. Mekanisme dari kegiatan ini sama seperti kegiatan-kegiatan yang sebelumnya telah dilakukan. Kegiatan dibuka oleh MC, dilanjutkan sambutan dan pemaparan garis besar mengenai BEM masing-masing, lalu dilaksanakan FGD dan terdapat Ice Breaking. Tidak ketinggalan pula penyerahan piagam penghargaan secara simbolis sebagai bentuk terjalinnya hubungan antara BEMF MIPA UNEJ dan BEMFA MIPA UM yang dilanjutkan dengan sesi dokumentasi serta penutup. Perbedaan hanya terdapat pada urutan, dikarenakan pada kali ini BEMFA MIPA menjadi tuan rumah.

“Sangat menyenangkan dan penuh kebermanfaatan” ujar Gubernur Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Malang 2022 setelah mengikuti serangkaian kegiatan BEM Coming and Visit. Kegiatan BCV ini juga sudah menghasilkan output berupa rekomendasi dan saran untuk kepengurusan periode selanjutnya yang didapat dari beberapa forum group discussion yang sudah dilaksanakan. Rekomendasi ini telah diserahkan kepada Gubernur Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Malang 2023 terpilih sebagai bahan pertimbangan dalam menjalankan kepengurusan BEMFA MIPA UM periode 2023. Panitia BCV berharap agar kegiatan ini akan terus ada karena kegiatan ini dirasa sangat perlu untuk menunjang peningkatan kualitas kepengurusan BEMFA MIPA UM.

DEPARTEMEN LUAR NEGERI

BEMFA MIPA UM 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *