Program Kerja

Fantasy World: Glimpse of Our Dreams melalui Kegiatan FIKSI (Festival Kreasi, Aksi, dan Seni)

FIKSI (Festival Kreasi, Aksi, dan Seni) merupakan salah satu program kerja dari Departemen Seni dan Olahraga di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMFA) Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Malang. FIKSI adalah kegiatan di bidang seni yang terbagi dalam 3 kegiatan yaitu kompetisi, open submission pameran seni, dan puncak acara. Kegiatan ini diawali dengan kompetisi di bidang seni seperti song cover, baca puisi, tari tradisional, dan film pendek yang dilaksanakan secara online di mana peserta kompetisi adalah mahasiswa aktif FMIPA UM. Kemudian dilanjutkan dengan open submission karya seni dari mahasiswa aktif FMIPA UM untuk pameran yang akan dibuka sebelum puncak acara. Puncak acara dilaksanakan secara offline sebagai ujung rangkaian dengan kegiatan yang berisikan penampilan dari pemenang kompetisi dan penampilan Sub Divisi seperti band dari ASWA, paduan suara dari GSC-5, dan modern dance dari KOMIPA. 

Kegiatan ini merupakan upaya untuk mengapresiasi mahasiswa FMIPA UM khususnya di bidang kesenian. Pemenang kompetisi nantinya mendapatkan kesempatan tampil pada puncak acara. Kegiatan open submission dan puncak acara bertujuan sebagai bentuk apresiasi mahasiswa FMIPA UM untuk menampilkan bakat dan minat mereka dibidang kesenian. Open submission untuk pameran seni berupa karya Seni Lukis dan Seni Kriya seperti batik, kerajinan topeng, ukiran kayu, dan lain-lain. Kegiatan puncak acara dilaksanakan selama 1 hari. 

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan open gate jalan sehat untuk mahasiswa FMIPA, dilanjutkan pembukaan acara oleh MC, setelah itu penyampaian sambutan oleh Dekan FMIPA sekaligus pembukaan acara, kemudian masuk ke acara inti yaitu pemberangkatan jalan sehat yang diawali dengan persiapan jalan sehat oleh panitia dan peserta, masuk ke acara selanjutnya yaitu penampilan-penampilan diantaranya penampilan dari HMD Matematika, penampilan dosen, penampilan HMP Bioteknologi, penampilan pemenang kompetisi song cover solo, penampilan paduan suara GSC-5, penampilan HMD Fisika, penampilan HMD Biologi, penampilan HMD Kimia, penampilan HMP IPA, penampilan pemenang lomba tari tradisional, penampilan pemenang kompetisi baca puisi, penampilan pemenang kompetisi song cover group, penampilan Band ASWA, dan yang terakhir ditutup dengan penampilan keren dari modern dance KOMIPA. Di sela-sela penampilan ada sesi pengundian hadiah yang juga tidak kalah seru dengan hadiah yang sangat menarik. Acara selanjutnya yaitu penutupan dan dokumentasi serta sanitasi tempat pelaksanaan yang dilakukan oleh panitia.

Beberapa peserta juga memberikan komentar terkait pelaksanaan kegiatan ini. “Perlu, karena dengan adanya FIKSI setiap mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya, bahkan FIKSI merupakan wadah dimana para mahasiswa dapat menunjukkan bakat yang dimilikinya kepada khalayak umum” kata Laras Gunita Titis Hapsari ketika diberikan pertanyaan mengenai perlu atau tidak kegiatan FIKSI ini diadakan kembali. Selain itu, Ananda Khalishah Fairuz Mumtaz mengatakan “Eventnya menarik serta dapat menjadi wadah bagi mahasiswa yang hobi/minat dibidang seni”. Beberapa mahasiswa yang memberikan penilaian juga merasa puas dengan kegiatan FIKSI ini dan berharap dapat diadakan kembali dengan konsep yang lebih baik lagi. Selain para peserta, dan pengisi acara apresiasi kegiatan FIKSI juga diberikan oleh bapak Dekan FMIPA, beliau menyampaikan bahwa kegiatan FIKSI ini sangat bermanfaat dimana dengan adanya kegiatan ini dapat membuktikan juga bahwa Mahasiswa FMIPA tidak hanya pandai dalam mengasah kemampuan otak kiri saja tetapi juga dapat mengasah kemampuan otak kanannya dan dapat menunjukkan bakatnya dibidang non akademik.

Pembukaan Kegiatan oleh Dekan FMIPA, dokpri
Pembukaan Kegiatan Jalan Sehat, dokpri
Penampilan Tari Tradisional, dokpri
Penampilan Sub Divisi ASWA BEMFA MIPA UM 2022, dokpri

DEPARTEMEN SENI DAN OLAHRAGA

BEMFA MIPA UM 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *