Berita

KASUS: Soroti Peningkatan Harga Tiket Naik Candi Borobudur

Candi Borobudur (Sumber: Borobudurpark.com)

Isu peningkatan harga tiket naik Candi Borobudur diutarakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Wacana harga pada wisatawan dalam negeri sebesar Rp 750 ribu, wisatawan mancanegara sebesar USD 100 atau Rp 1,4 juta, sementara pelajar jauh lebih murah yaitu sebesar Rp 5 ribu. Harga tersebut bukan merupakan harga tiket masuk! Tidak hanya harga tiket naik yang mengalami peningkatan tetapi juga dilakukan pembatasan pengunjung yang diperbolehkan naik ke Candi Borobudur yakni 1200 orang per hari.

Langkah menaikkan harga tiket naik ke Candi Borobudur ini dilakukan dilandaskan oleh beberapa alasan, yaitu:

1. Kondisi Candi Borobudur Mulai Mengalami Pelapukan

Candi Borobudur mengalami pelapukan karena berbagai faktor, seperti faktor biotik dan abiotik. Faktor biotik dan abiotik merupakan dapat menyebabkan terjadinya degradasi terhadap bangunan candi. Faktor biotik dapat berupa ganggang, lumut, lumut kerak, tanaman tingkat tinggi, bakteri, fungi, dan Aktinomycetes. Sedangkan faktor abiotik dapat berupa iklim, air, bencana alam, dan vandalisme.

2. Perilaku Vandalisme Pengunjung

Noda permen karet menempel di batuan Candi Borobudur (Sumber: TribunJogja.com)

Perilaku vandalisme yang dilakukan oleh beberapa wisatawan ini menjadi sangat meresahkan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan oleh Balai Konservasi Borobudur (BKB), mereka menemukan ada 3.000 noda permen karet yang tertempel dan melekat di batuan candi. Noda permen karet itu tersebar di beberapa bagian tubuh candi dan meninggalkan bekas noda berwarna putih dan mencolok selain itu juga terdapat coretan-coretan pada dinding candi.

3. Menciptakan lapangan kerja Baru

Terdapat ketentuan baru yang akan diberlakukan yaitu agar dapat naik ke Candi Borobudur semua wisatawan diharuskan untuk menggunakan pemandu wisata. Ketentuan baru inilah yang diharapkan akan menyediakan lapangan kerja khususnya bagi warga lokal, dan hal tersebut akan membuka lapangan pekerjaan untuk warga lokal sebagai pemandu wisata.

4. Pengembangan Candi Borobudur Sebagai Laboratorium Konservasi Bertaraf Internasional

Konsep konservasi tersebut tengah dilakukan salah satunya melalui mekanisme single authority agency (badan otoritas tunggal) sehingga Borobudur bukan hanya menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas, tetapi juga destinasi wisata berkualitas.  Untuk itu, anggaran Rp 6,8 triliun pun digelontorkan guna mewujudkan kesuksesan program itu.

Apa kata Pakar politik?

Memang menjadi sangat problematis karena tiba-tiba bisa naik drastis hingga Rp 750 ribu. Hal ini seolah pemerintah atau siapapun yang memutuskan mengabaikan kondisi masyarakat,” kata Pakar Bidang Opini Publik dan Partai Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Prof. Tulus Warsito, Selasa (7/6/2022).

“Karena yang jadi pertimbangan penjagaan cagar budaya atau memberikan tahapan tarif yang masuk akal yang tidak mempengaruhi gejolak respon masyarakat,” kata Tulus, Selasa (7/6/2022).

“Didiskusikan bersama bagaimana baiknya melalui diskusi kebudayaan,” kata Tulus, Selasa (7/6/2022).

Kesimpulan

Kenaikan harga naik Candi Borobudur ini masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Banyaknya alasan yang tidak masuk akal untuk menaikkan harga tiket naik Candi Borobudur menjadi pusat perhatian bagi sebagian kalangan supaya mendesak pemerintah untuk mengkaji ulang hal tersebut dan lebih memperhatikan psikologi politik masyarakat. Pada Kamis (9/6/2022), Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah mengatakan untuk menunda wacana tersebut dan tengah mendiskusikannya bersama PT Taman Wisata Candi (TWC) dengan pihak balai konservasi Borobudur.

Daftar Pustaka

Jannah, S.M. 2022. Alasan Rencana Harga Tiket Candi Borobudur Naik jadi Rp 750 ribu, (Online), (https://tirto.id/alasan-rencana-harga-tiket-candi-borobudur-naik-jadi-rp750-ribu-gsBA),  diakses 9 Juni 2022.

Ramadhan, F.M. 2022. Alasan dan Penjelasan Wacana Kenaikan Harga Tiket Masuk Candi borobudur, (Online), (https://grafis.tempo.co/read/3017/alasan-dan-penjelasan-wacana-kenaikan-harga-tiket-masuk-candi-borobudur), diakses 9 Juni 2022.

Budi, C.S. 2022. Pro Kontra Kenaikan Harga Tiket Naik Candi Borobudur Rp 750 ribu, (Online), (https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/06/07/051000478/pro-kontra-kenaikan-harga-tiket-naik-candi-borobudur-rp-750.000), diakses 9 Juni 2022.

Suryana, W. 2022. Kenaikan Harga Tiket Naik Candi Borobudur Abaikan Psikologi Politik Masyarakat, (Online), (https://www.republika.co.id/berita/rd3idh330/kenaikan-harga-tiket-borobudur-abaikan-psikologi-politik-masyarakat), diakses 9 januari 2022.

Agustina, D. 2022. Aksi Vandalisme Merusak Estetika Candi Borobudur, Dari Coretan Hingga Ribuan Noda Permen Karet, (Online), (https://www.tribunnews.com/regional/2020/02/17/aksi-vandalisme-merusak-estetika-candi-borobudur-dari-coretan-hingga-ribuan-noda-permen-karet?page=all), diakses 9 Juni 2022.

Ayun, R.Q. 2022. Kenaikan Tarif Wisata Candi Borobudur ditunda, Ganjar Pranowo Sebut Harga Tiket Masih Bisa Berubah, (Online), (https://www.msn.com/id-id/berita/other/kenaikan-tarif-wisata-candi-borobudur-ditunda-ganjar-pranowo-sebut-harga-tiket-masih-bisa-berubah/ar-AAYczXh), diakses 9 Juni 2022.

DEPARTEMEN SOSIAL POLITIK

BEMFA MIPA UM 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *