Artikel

Mahasiswa FMIPA Raih Prestasi Gemilang pada Ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) UM 2024

Dokumentasi Grand Final Mawapres UM 2024

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) merupakan suatu kegiatan untuk mencari, memilih, dan kemudian diberi penghargaan kepada mahasiswa/i yang berhasil meraih prestasi tinggi, baik kurikuler, kurikuler, maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Selain itu kegiatan pilmapres ini mampu memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, kurikuler, maupun ekstrakurikuler sebagai sarana pengembangan hard skill dan soft skill. Pilmapres ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Universitas Negeri Malang. 

Acara tersebut, diadakan pada Kamis (07/03), menjadi panggung bagi mahasiswa berprestasi Universitas Negeri Malang (UM) untuk mengekspos bakat terbaik mereka, terutama bagi dua mahasiswa FMIPA yang terpilih. Salah satunya, Fina Kharisma, mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2021, yang meraih gelar juara 1 sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UM 2024. Sementara itu, Nur Laila mahasiswa Biologi angkatan 2021, yang meraih Juara Inspiratif Mawapres 2024. Semangat para pemenang tercermin dari motto hidup mereka, “Jika belajar adalah ibadah, maka berprestasi adalah dakwah”. Fina menegaskan pentingnya beribadah dan berdakwah melalui prestasinya. Sedangkan Laila, ingin memberikan kontribusi pada kedua orang tuanya dengan menunjukkan bahwa masa kuliah bukan hanya tentang belajar, tetapi juga tentang meraih prestasi yang gemilang.

Menjadi mahasiswa berprestasi tentu saja tidak mudah, banyak kendala ataupun masalah yang terjadi. Karena dilatarbelakangi dengan mahasiswa yang banyak kegiatan seperti kuliah, organisasi, lomba, hingga kegiatan sosial maupun kegiatan pribadi. Dari kegiatan-kegiatan tersebut tidak menutup kemungkinan terdapat jadwal yang sama atau bentrok. Dengan itu kita harus bisa menyeimbangkan antara kegiatan satu dengan kegiatan lain, atau dengan membuat skala prioritas dengan mendahulukan dari yang paling penting hingga penting.

Tak hanya pandai membagi waktu, menjadi mahasiswa berprestasi juga menanamkan pada dirinya untuk berani mencoba hal baru, totalitas dan berani dalam mengemban setiap tanggung jawab, jangan ragu melalui proses meskipun kita di awal belum tahu apa manfaat untuk kita tapi di akhir pasti memberikan makna dan tanpa kita sadari itu adalah salah satu proses yang memberikan kita identitas siapa sebenarnya diri yang sedang kita cari dan otomatis itu bagian dari tujuan yang selama ini kita usahakan.

Kehidupan sosial di kampus harus sejalan dengan aktivitas akademis, mengingat kita sebagai individu yang saling bergantung satu sama lain. Fina menekankan pentingnya “Melibatkan orang lain dalam perjalanan kita” sebagai pesan yang menginspirasi. Kolaborasi dengan orang lain memungkinkan kita untuk mengevaluasi, belajar, dan berdiskusi mengenai berbagai masalah yang dihadapi. Prinsip serupa juga dipegang oleh Laila dalam menjaga keseimbangan antara kegiatan akademis dan kehidupan sosial yaitu   aware dengan apa yang menjadi tujuan kita dan apa yang sedang diamanatkan maupun menjadi tanggungjawab kita.

Kesuksesan Kak Fina dan Kak Laila sebagai Mahasiswa Berprestasi merupakan inspirasi bagi kita semua untuk terus berusaha dan berkontribusi lebih dalam dunia akademik maupun non-akademik. Mari kita dukung dan apresiasi setiap prestasi yang diraih oleh mahasiswa, karena mereka adalah generasi penerus yang akan membawa perubahan positif di masa depan. Selamat kepada semua mahasiswa berprestasi, teruslah berinovasi dan berkarya untuk kemajuan bangsa.

BIRO MEDIA DAN BRANDING

BEM FMIPA UM 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *