Artikel

AKSVO MIPA [“Create FMIPA That Is Safe, Obedient, and Sensitive to Social Dynamics”]

Penyelenggara

BEMFA MIPA UM 2023

Dosen Pendamping

Bakhrul Rizky Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Ketua Pelaksana

Rizka Putri Prameswari

Pelaksanaan Kegiatan

8 Maret 2023–4 Oktober 2023

Karakteristik Kegiatan

Jenis Program Layanan dan Gerakan Aksi

SDGs ke-3 dan 5

Kehidupan sejahtera dan Kesetaraan gender

Mental Kebangsaan 1 dan 3

Pendidikan norma, etika, pembinaan karakter, dan soft skills mahasiswa

Berita Kegiatan

Aksi dan Advokasi (AKSVO) MIPA merupakan salah satu program kegiatan BEMFA MIPA UM 2023 dari Kementrian Sosial Politik Divisi Advokasi, Aksi, dan Propaganda (AAKSPRO) yang memuat kajian-kajian mengenai isu yang sedang hangat diperbincangkan. Pada AKSVO MIPA ini selama satu periode telah menangani dan mengangkat berbagai kasus  yang juga dipublikasikan melalui Instagram BEMFA MIPA, dan Website BEMFA MIPA. AKSVO MIPA sendiri mengambil tema “Create FMIPA That Is Safe, Obedient, and Sensitive to Social Dynamics”. Indikator keberhasilan dari program kegiatan ini yaitu memfasilitasi dan menampung aspirasi Mahasiswa FMIPA dan Mahasiswa UM terkait permasalahan, baik personal maupun sosial, membahas dan menindaklanjuti tentang aspirasi atau permasalahan Mahasiswa FMIPA dan Mahasiswa UM yang telah disampaikan, menumbuhkan daya berfikir kritis Mahasiswa FMIPA, dan melatih sikap dalam menyelesiakan masalah melalui berbagai macam sudut  pandang.

 Rangkaian Kegiatan AKSVO MIPA ini diawali dengan menyebrakan pamflet yang berisi link pengaduan, kami juga mencari berita yang sedang diperbincangkan di masyarakat, kemudian mencari sumber informasi yan terpercaya seperti memvalidasi kasus tersebut kepada pihak terkait contohnya korban, kemudian menindak lanjuti kasus tersebut kepada pihak-pihak yang berwenang pada bidangnya, dan terakhir kami melakukan press release kasus yang dipublikasikan di instagram (@bemfmipa_um). Hal tersebut dilakukan selama satu periode kepengurusan. Adapun hasil kasus AKSVO MIPA yang ditangani dan di publikasikan selama satu periode kepengurusan, diantaranya:

  1. Memperingati Hari Perempuan Internasional dengan membuat video mengenai “Perempuan” dan mempublikasikan angket kekerasan seksual,
  2. Diskusi mengenai MBKM UM yang dilaksanakan bersama dengan pihak universitas dan BEM Fakultas lain yang juga menghasilkan artikel MBKM,
  3. Publikasi “Seruan Aksi Penolakan UU Cipta Kerja” di akun instagram (@bemfmipa_um)
  4. Release pamflet dan link pengaduan AKSVO MIPA
  5. Forum “Aspirasi Kesesuaian UKT Mahasiswa UM” dan menghasilkan link angket
  6. Release “Upaya Penanganan Kasus Pemerkosaan Mahasiswa UM”
  7. Publikasi pamflet “September Hitam #MENOLAK LUPA
  8. Kunjungan dan diskusi antara panitia AKSVO MIPA dengan Kepala Satgas PPKS UM

Sustainable Development Goals atau SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan ke arah perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang kuat. Dengan adanya AKSVO MIPA ini diharapkan dapat mendukung upaya SDGs, yaitu sebagai upaya peningkatan kehidupan kampus yang sejahtera dengan cara memfasilitasi mahasiswa dalam pengaduan semua permasalahan yang dialami dalam bentuk advokasi. Dan juga dapat mendukung upaya SDGs lain, yaitu kesetaraan gender seperti yang kami lakukan kemarin yaitu berupaya menangani kasus pemerkosaan Mahasiswa UM terlebih korbannya berasal dari Mahasiswa FMIPA sendiri. Tidak hanya itu, AKSVO MIPA ini bekerja sama dengan Satgas PPKS UM guna menciptakan keamanan dan mengupayakan penanganan kasus seputar kesetaraan gender.

AKSVO MIPA ini juga dapat menumbuhkan rasa peduli dan partisipasi mahasiswa untuk menyalurkan aspirasi yang kemudian menggerakkan semangat untuk melakukan aksi membela kebenaran akan kebaikan yang membangun bangsa Indonesia. Hasil dari kegiatan ini akan menjadi sesuatu yang berharga dan dapat membangun bangsa Indonesia lebih baik terutama dalam hal Pendidikan norma, etika, pembinaan karakter, dan soft skills mahasiswa.

KEMENTERIAN SOSIAL POLITIK

BEMFA MIPA UM 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *