Tau Gak Sih: “Sistem Pendidikan Jarak Jauh merupakan Salah Satu Solusi Terbaik Pemerataan Akses Pendidikan Tinggi”

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, menyatakan bahwa saat ini bangsa Indonesia tengah berusaha untuk mencapai generasi emas, dimana kunci sukses pembangunan nasional berada pada ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, di sisi lain akses pendidikan tinggi di Indonesia masi belum merata. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya persentase lulusan SMA dan SMK yang berkesempatan melanjutkan pendidikan tinggi di perguruan tinggi. Menurut data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dari sekitar 2 sampai 3 juta lulusan SMA dan SMK setiap tahunnya, hanya sekitar 38 persen yang berkesempatan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Artinya, hanya sedikit ‘generasi emas’ Indonesia yang mampu menyandang gelar sarjana.

Sistem pendidikan jarak jauh berbasis teknologi informasi merupakan salah satu solusi terbaik pemerataan akses pendidikan tinggi, karena sistem ini mampu menyediakan akses pendidikan seluas-luasnya bagi lulusan sekolah menengah tingkat atas di seluruh wilayah Indonesia, baik yang tidak terserap oleh perguruan tinggi, maupun yang terpaksa menunda melanjutkan pendidikan karena harus bekerja. Bambang Soesatyo menegaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan yang masih menjalankan sistem dan prosedur konvensional harus diubah dan difokuskan pada optimalisasi pemanfaatan kemajuan teknologi informasi.

Penerapan sistem pendidikan jarak jauh berbasis teknologi informasi sangat mungkin dilaksanaan di Indonesia. Tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia, yakni 202,6 juta dengan tingkat penetrasi 73,7 persen per Januari 2021 merupakan salah satu faktor pendukung penerapan sistem tersebut serta menunjukkan bahwa dari aspek aksesibilitas, mayoritas penduduk Indonesia, khususnya pelajar dan mahasiswa telah dapat menjangkau akses internet. Urgensi penerapan sistem pendidikan jarak jauh berbasis teknologi infomasi juga dikaitkan dengan kondisi pandemic Covid-19 yang ada di Indonesia saat ini. Pemanfaatan teknologi informasi merupakan salah satu langkah terobosan untuk menyiasati berbagai kendala, terutama pembatasan aktivitas dan kontak fisik dalam proses belajar mengajar.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN

BEMFA MIPA UM 2021

adidas team water bottles for sale craigslist 2017 | Air Jordan Sneakers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *