Program Kerja

GELAK CAKAP: Disiplin Diri dan Disiplin Organisasi

Salah satu kementerian di BEMFA MIPA UM yaitu kementerian PPSDM (Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Mahasiswa) telah sukses mengadakan acara Gelak Cakap. Gelak cakap merupakan suatu kegiatan yang berfokus pada internal dan pengembangan organisasi BEMFA MIPA UM 2021. Salah satu acaranya yaitu mengangkat konsep talkshow. Acara talkshow ini menyongsong tema “Disiplin Diri dan Disiplin Organisasi”,bersama pemantik yang merupakan salah satu mahasiswi hebat FMIPA dengan segudang prestasi dan berbagai macam pengalaman, yaitu Azizah Nur Laily. Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu, 4 Juli 2021 pukul 09.00-12.00 WIB secara daring melaui platform Zoom Meeting, mengingat pandemi covid-19 yang belum usai.

Kegiatan ini dilaksanakan secara khusus hanya untuk internal pengurus BEMFA MIPA UM 2021 demi terjalinnya hubungan kekeluargaan yang erat dan untuk saling mengenal lebih jauh antar pengurus. Kegiatan ini hampir diikuti oleh seluruh pengurus BEMFA MIPA UM 2021, tetapi juga ada yang berhalangan hadir karena keperluan lainnya. Oleh karena itu, degan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh pengurus BEMFA MIPA UM 2021 dapat terus bekerjasama demi kemajuan dan kesejahteraan BEMFA MIPA UM kedepannya.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh MC, lalu diserahkan kepada moderator untuk memulai forum dan memperkenalkan pemantik, yaitu Azizah Nur Laily. Wanita cantik selaku pemantik ini mulai memberikan sudut pandangnya terkait tema yang diangkat. Azizah Nur Laily adalah salah satu mahasiswi hebat dari FMIPA UM, yang pernah menjabat sebagai ketua Divisi IKAHIMATIKA Indonesia wilayah V (lima) dan termasuk kedalam 50 besar seleksi Forum Delegasi Muda (FDM) di Singapura pada 2020 lalu.

Mahasiswi cantik asal Lamongan ini mulai menyapa pengurus BEMFA MIPA UM dan sedikit bercerita tentang pengalaman akademiknya terkait manajemen diri. Beliau mengatakan bahwa tema yang diangkat saat ini subjektif. Secara umum, memanajemen dan mendisiplinkan diri itu tergantung pribadi masing-masing, dan juga menanggung resiko masing-masing. “Katakanlah kita kurang memanajemen diri dalam mengatur atau memanfaatkan waktu, jika kita terlambat tentu kita akan kehilangan kesempatan-kesempatan bagus karena keterlambatan ini”  – Azizah.

sesi sharing dengan pemantik

Menurutnya, memanajemen diri itu ada jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek sendiri, adalah bagaimana cara kita bisa menahan godaan-godaan yang datang ketika melakukan sesuatu. Seperti godaan rasa malas atau hawa nafsu, atau bahkan melakukan pekerjaan yang sia-sia sehingga melupakan perkejaan utama. Dan untuk jangka panjang, mahasiswi cantik itu berkata “disaat ada yang ingin kita raih dimasa depan seperti ingin mencalonkan diri sebagai PRESMA, otomatis kita sudah mempersiapkan segala kebutuhan dan persyaratan yang digunakan untuk kualifikasi calon pendaftaran PRESMA sejak jauh-jauh hari”.

Dari penilaian jangka pendek dan jangka panjang ini kita akan mengetahui urgensi atau kepentingan-kepentingan, “mengapa sih kita harus disiplin dan memanajemen diri?”. Sebuah teori berkata suatu seni dalam memanajemen diri adalah seni dalam pengembangan diri,  yang berarti disaat kita telah berhasil memanajemen diri sendiri juga berarti kita telah berhasil mengembangkan diri kita.

Selain itu, tujuan utama diadakannya kegiatan gelak cakap adalah untuk merekatkan internal BEMFA MIPA UM. Oleh karena itu, didalamnya juga diisi dengan berbagai kegiatan yang seru dan menghibur. Setelah sharing santai dengan pemantik, ada sesi ice breaking untuk merileks-kan pikiran. Sesi ice breaking diisi dengan menebak judul-judul lagu yang sangat seru tentunya, bahkan lagu dangdut pun ada. Apalagi, lagu-lagu tersebut juga dinyanyikan langsung oleh para pengurus BEMFA MIPA, yang tentunya sangat menambah keseruan acara gelak cakap.

sesi ice breaking

Setelah serunya menebak judul lagu dan bernyanyi bersama, pengurus BEMFA memasuki sesi sharing santai yang mana diharuskan mengisi google form untuk mencurahkan curhatan ataupun keluhannya mengenai hal apapun. Lalu nanti akan dipanggil secara acak beberapa pengurus BEMFA melalui alat spin virtual untuk menceritakan curhatan ataupun keluhannya. Pengurus BEMFA mempunyai berbagai jenis curhatan dan keluhan yang mereka tuangkan di google form tersebut, mulai dari kritikan hingga percintaan juga ada (bahkan ada yang kecewa karena sesorang disukainya menyukai orang lain). Dalam kegiatan ini juga diadakan pengumuman apresiasi atau  pengurus “ter-ter” istilahnya, yaitu pengumuman pengurus terbaik (menurut kinerjanya) dan pengurus terfavorit dalam setengah periode kepengurusan. Dimana pengumuman apresiasi ini membuat para pengurus yang bersangkutan merasa terkejut dan bahagia.

sesi sharing santai dengan pengurus BEMFA
sesi pengumuman apresiasi

Kegiatan ini sukses dilaksanakan dengan total jumlah pengurus yang hadir adalah 73 dari 89 pengurus. Pengurus yang telah mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dan telah mengisi presensi akan mendapatkan e-certificate.  Dengan adanya kegiatan gelak cakap ini, diharapkan hubungan internal pengurus BEMFA MIPA UM 2021 bisa semakin erat dan rasa kekeluargaan di internal BEMFA bisa semakin meningkat. Selain itu, diharapkan pula seluruh pengurus BEMFA MIPA UM 2021 dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh dari kegiatan sharing bersama pemantik mengenai disiplin diri dan disiplin organisasi, agar senantiasa seluruh pengurus BEMFA MIPA UM 2021 dapat menjadi generasi muda penerus bangsa yang berkualitas dengan menjunjung sikap disiplin.

KEMENTERIAN PPSDM

BEMFA MIPA UM 2021

75% – تسوق أونلاين في السعودية مع خصم 25 , أحذية ازياء رياضية الجري للرجال , adidas copa mundials in color today schedule 2016 , نمشي | nike sb janoski mid mens Low Grey University Blue – Grailify – Roshe run casual shoes black

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *